Tentang Universitas

tentang-universitas-banner

Seperti layaknya Indonesia, Singapura memiliki perguruan tinggi negeri dan swasta*. Namun uniknya, hanya perguruan tinggi negeri saja yang boleh disebut sebagai university. Perguruan tinggi swasta disebut sebagai private school, bukan private university, meskipun menawarkan gelar sarjana. Keduanya menawarkan berbagai macam jurusan mulai dari yang biasa dikenal seperti akuntansi hingga yang spesifik seperti Computational Biology. Singapura juga memiliki berbagai perguruan tinggi yang unik seperti sekolah khusus kuliner atau sekolah khusus kesenian dan desain.

Baik perguruan tinggi negeri maupun swasta memiliki kelebihannya sendiri. Yang jelas, apapun pilihan karirmu, tentu ada lembaga pendidikan yang menawarkan jurusan yang sesuai! Simak jenis perguruan tinggi di Singapura di bawah ini, lengkap dengan perbedaannya.

*Seluruh perguruan tinggi swasta yang ada di SekolahSG memiliki sertifikat EduTrust yang menjamin kualitas dan keamanan perguruan tinggi tersebut. Selain itu, mereka juga sudah tercatat oleh Komite Pendidikan Swasta (CPE) Singapura.

Lihat Semua Universitas

Public University (Universitas Negeri)

Saat ini, ada enam (6) universitas negeri di Singapura. Beberapa di antaranya pasti sudah tidak asing lagi, seperti National University of Singapore (NUS) atau Nanyang Technological University (NTU): kedua universitas ini menduduki peringkat 1 dan 2 di Asia, menurut QS World University Rankings 2016.

Selain kedua universitas ini, ada Singapore Management University (SMU) yang memiliki fokus di bidang bisnis dan manajemen; Singapore University of Technology and Design (SUTD), yang merupakan universitas negeri terbaru di Singapura; dan lainnya.
Cari Universitas Negeri

Private School (Universitas Swasta)

Selain keenam universitas negeri di atas, perguruan tinggi Singapura lainnya merupakan universitas swasta. Jumlahnya pun cukup banyak, dengan kualitas yang juga beragam. Semua universitas swasta yang dimuat di SekolahSG memiliki sertifikat EduTrust yang menjamin kualitas dan keamanan perguruan tinggi tersebut. Dengan sertifikat EduTrust, mereka berada di bawah pengawasan langsung pemerintah, melalui Komite Pendidikan Swasta (Council of Private Education atau CPE) Singapura.

Kebanyakan dari universitas swasta di Singapura menawarkan program dan gelar akademik dari universitas-universitas lain di luar Singapura. Contohnya, Singapore Institute of Management Global Education (SIM GE) menawarkan program dari University of London di Inggris; PSB Academy menawarkan program dari University of Newcastle di Australia; lalu TMC Academy merupakan partner resmi dari Monash College di Australia. Ada juga universitas-universitas luar negeri yang memiliki cabang resmi di Singapura, seperti Curtin University Singapore dan James Cook University Singapore.
Cari Universitas Swasta

Art & Design School (Sekolah Seni dan Desain)

Singapura juga memiliki sekolah khusus seni dan desain. Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA) dan LASALLE College of the Arts menawarkan program di berbagai bidang, mulai dari seni rupa (Fine Arts), seni teater (Performing Arts) hingga desain komunikasi visual dan fashion. Ada juga Raffles Design Institute yang lebih fokus ke bidang desain, seperti desain interior atau desain perhiasan.
Cari Sekolah Seni & Desain

Culinary & Hospitality School (Sekolah Kuliner dan Perhotelan)

Sekolah kuliner dan perhotelan di Singapura termasuk, antara lain, Singapore Hotel and Tourism Education Centre (SHATEC) dan At-Sunrice GlobalChef Academy. Kedua sekolah ini menawarkan program baik di bidang kuliner maupun perhotelan, namun SHATEC lebih dikenal untuk program perhotelannya, sementara At-Sunrice lebih dikenal untuk program kuliner. Culinary Institute of America, salah satu sekolah kuliner terkemuka di dunia, juga memiliki kampus di Singapura, namun programnya dikhususkan bagi para lulusan politeknik.
Cari Sekolah Kuliner & Perhotelan