Tentang Tempat Tinggal

tentang-tempat-tinggal-banner

Kecuali kamu memiliki kenalan atau saudara di Singapura, kemungkinan besar kamu harus tinggal sendiri di negara tetangga ini. Tapi, serunya justru di situ! Asrama universitas biasanya menjadi pilihan paling ideal bagi pelajar, karena lokasinya dekat dengan kelas, uang sewanya terjangkau dan ditinggali oleh banyak teman-teman satu universitasmu. Sayangnya, tidak semua universitas memiliki asrama sendiri. Tapi jangan khawatir! Simak daftar di bawah ini untuk melihat pilihan tempat tinggalmu di Singapura.

1. Asrama (Dorm)

Beberapa universitas memiliki fasilitas asrama yang berada di lokasi kampus. Asrama adalah tempat ideal bagi pelajar yang ingin tinggal di tempat yang tenang dan dekat dengan kelas mereka. Hanya pelajar yang boleh tinggal di asrama. Penghuni asrama biasanya menggunakan kamar mandi dan dapur umum. Mereka juga biasanya memiliki teman sekamar.

Namun, untuk beberapa universitas, seperti Nanyang Technical University (NTU) dan National University of Singapore (NUS), ada persyaratan khusus agar kamu bisa tinggal di dorm/hall. Contohnya, untuk tinggal di hall NTU, kamu harus mengumpulkan poin melalui kegiatan ekstrakurikuler. Untuk informasi lebih lanjut tentang asrama, kamu bisa kunjungi halaman masing-masing universitas.

2. Kos-Kosan

Apabila universitas pilihanmu tidak menyediakan asrama, kamu bisa tinggal di kos-kosan yang dikelola oleh pihak swasta. Kos-kosan yang dikhususkan untuk kaum pelajar biasanya memiliki ruang belajar bersama, selayaknya sebuah asrama. Lokasi kos-kosan ini biasanya lumayan dekat dengan kampus.

Kamu juga bisa tinggal di kos-kosan yang terbuka untuk kaum profesional juga. Kos-kosan ini seringkali memiliki fasilitas yang lebih mewah (seperti kulkas kecil di dalam kamar, mesin cuci dan alat setrika, serta layanan pembersihan kamar), namun juga lebih mahal.

Semua kos-kosan biasanya memiliki kontrak sewa yang tergolong cukup pendek (kurang dari 1 tahun). Kamu bisa cek database SekolahSG untuk mencari hostel atau kos-kosan yang cocok dengan gaya hidupmu.

3. HDB

HDB adalah sebutan untuk rumah susun yang dikelola oleh pemerintah Singapura yang hanya boleh dibeli oleh warga negara Singapura. Beberapa pemilik HDB menyewakan kamar (baik yang besar/master room, maupun yang kecil/common room) atau satu unit HDBnya (jika kamu dan teman-temanmu ingin tinggal bersama) untuk kaum profesional, kaum pelajar, maupun keluarga. Ruang kamar HDB cenderung lebih besar dari ruang asrama, hostel maupun apartemen.

Kompleks HDB tidak memiliki fasilitas tambahan seperti gym maupun kolam renang, tapi biasanya memiliki lokasi strategis yang dekat dengan tempat makan, halte bus dan/atau stasiun MRT. Harga sewanya juga lebih murah dibanding apartemen dan condominium.

Tidak seperti kos-kosan, HDB biasanya memiliki jangka kontrak sewa yang lebih panjang (minimal 1 tahun). Kamu juga harus membayar biaya agen sewa. Kamu bisa menggunakan situs sepertiĀ 99.co atau Property Guru untuk mencari unit yang siap disewakan.

4. Apartemen dan Condominium

Tidak seperti HDB, apartemen dikelola oleh pihak swasta dan, terutama untuk condominium, biasanya memiliki fasilitas tambahan seperti gym, kolam renang dan satuan pengamanan (satpam). Selain itu, unit apartemen juga biasanya lebih kecil dari HDB dan lebih mahal.

Tidak seperti kos-kosan, apartemen dan condominium biasanya memiliki jangka kontrak sewa yang lebih panjang (minimal 1 tahun). Kamu juga harus membayar biaya agen sewa. Kamu bisa menggunakan situs seperti 99.co atau Property Guru untuk mencari unit yang siap disewakan.

Apapun jenis tempat tinggal pilihanmu, kamu bisa memilih antara tinggal sendiri, atau berbagi kamar dengan orang lain. Keuntungannya jelas: kamu dapat lebih menghemat uang dengan memiliki teman sekamar. Gunakan situs-situs berikut untuk menemukan teman sekamarmu:

  • FindYourRoominSG: Sebuah grup Facebook untuk mencari kamar sewaan atau teman satu unit/kamar. Terbuka untuk semua orang.
  • Easy Roommate: Sebuah grup Facebook untuk mencari kamar sewaan atau teman satu unit/kamar. Terbuka untuk semua orang.
  • MariSerumahSG: Sebuah grup Facebook untuk mencari kamar sewaan atau teman satu unit/kamar. Terbuka khusus untuk orang Indonesia yang tinggal di Singapura.

Mau mencari hostel atau kos-kosan? Klik tombol di bawah untuk mengakses database SekolahSG!

Cari Tempat Tinggal