Tentang Tempat Kursus

tentang-tempat-kursus-banner

Apapun universitas pilihanmu, seluruh universitas Singapura hampir selalu mewajibkan calon pelajar asingnya untuk mengambil tes Bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS sebelum mendaftarkan diri (pengecualian untuk pelajar yang bahasa ibunya adalah Bahasa Inggris). Bahkan ada beberapa universitas, seperti SMU dan SUTD, yang juga meminta kamu mengambil tes SAT. Bacalah penjelasan di bawah untuk info lebih lanjut tentang tes-tes di tersebut, lalu kunjungi database SekolahSG untuk mencari tempat kursus yang cocok!

Tentang TOEFL dan IELTS

Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar di perguruan tinggi di Singapura. Siapapun yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibunya, atau tidak mengikuti program A-level atau O-level saat SMA, akan diwajibkan untuk mengambil sertifikasi kemampuan berbahasa Inggris. Ada dua jenis sertifikasi: TOEFL dan IELTS. Apa sih bedanya?

TOEFL
Test of English as a Foreign Language
IELTS
International English Language Testing System
Jenis bahasa Inggris Amerika Serikat Inggris
Pengelola Educational Testing Service, organisasi nonprofit yang berbasis di Amerika Serikat British Council, University of Cambridge ESOL Examinations dan IDP Education Australia
Durasi tes 4 jam 2 jam 45 menit
Format ujian berbicara Wawancara lewat mic Wawancara empat mata langsung dengan penguji
Biaya Di Indonesia: US$190
Di Singapura: US$235
Di Indonesia: IDR 2,7 juta
Di Singapura: S$340

Untuk mempersiapkan diri sebelum mengambil ujian TOEFL atau IELTS, kamu bisa membeli buku-buku latihan soal TOEFL dan IELTS, atau mengikuti kursus persiapan ujian.

Klik di bawah untuk melihat tempat kursus yang bisa kamu ikuti.

Cari Tempat Kursus TOEFLCari Tempat Kursus IELTS

Tentang SAT

Layaknya hasil Ujian Akhir Nasional (UAN) di Indonesia, hasil ujian SAT menentukan masuk-tidaknya kamu ke universitas di Amerika Serikat. Beberapa universitas di Singapura, seperti Singapore Management University (SMU), juga menggunakan hasil ujian SAT sebagai salah satu syarat pendaftaran.

Sekilas Tentang SAT

Komponen ujian
  1. Evidence-based Reading & Writing (pemahaman bacaan, pengetahuan kosakata dan tatabahasa)
  2. Mathematics (matematika)
  3. SAT essay (menulis, tidak wajib)
Alat yang diperbolehkan
  • Pensil 2B
  • Penghapus
  • Alat kalkulator
    Kalkulator dalam telepon genggam atau alat elektronik lainnya tidak diperbolehkan
Total waktu 3 jam (+ 50 menit jika mengerjakan esai)
Total skor 1600
Biaya*
  • SAT tanpa esai
    US$45 + US$53 (non-US regional fee) = US$98
  • SAT dengan esai
    US$57 + US$53 (non-US regional fee) = US$110

Sumber: https://collegereadiness.collegeboard.org/sat/register/international/fees

*Biaya ini untuk satu (1) kali ujian SAT dan belum termasuk biaya kursus persiapan ujian SAT.

Evidence-based Reading & Writing (800 poin)

Bagian Evidence-based Reading & Writing menguji pengetahuan kosakata dan pemahaman peserta ujian akan tatabahasa Bahasa Inggris. Peserta juga akan diuji pemahamannya akan berbagai konteks wacana pendek dalam Bahasa Inggris. Topik wacana pendek ini beragam: mulai dari ilmu sosial, ilmu fisika hingga sastra. Meski demikian, peserta tidak diharapkan untuk mempelajari tentang topik-topik ini sebelumnya. Tiap pertanyaan dalam bagian Evidence-based Reading & Writing ini berupa pilihan ganda.

Mathematics (800 poin)

Sebagian besar pertanyaan di bagian matematika berupa pilihan ganda, meskipun ada beberapa pertanyaan yang berupa grid-in. Pertanyaan grid-in mewajibkan peserta untuk mengisi jawabannya dalam kotak-kotak yang sudah tersedia. Dahulu, peserta diperbolehkan menggunakan kalkulator untuk menjawab seluruh pertanyaan di bagian matematika. Peraturan ini diubah pada tahun 2016. Kini, hanya beberapa pertanyaan saja yang boleh dijawab dengan menggunakan kalkulator. Kalkulator yang boleh digunakan tidak boleh memiliki keyboard jenis QWERTY. Peserta juga tidak diperbolehkan menggunakan kalkulator yang ada di dalam komputer, telepon genggam dan alat elektronik lainnya.

SAT Essay (Tidak wajib)

Sejak tahun 2016, SAT Essay lagi diwajibkan. Hanya universitas-universitas tertentu saja yang menjadikan nilai SAT Essay sebagai syarat pendaftaran. Dalam bagian ini, peserta diwajibkan menulis sebuah argumentasi berdasarkan topik yang telah disediakan. Esai ini tidak hanya menguji pengetahuan kosakata dan tatabahasa peserta, tapi juga menguji kemampuan menganalisa wacana pendek secara kritis. Selain itu, peserta juga diuji kemampuannya dalam menggunakan bukti dan penalaran, serta kemampuannya dalam meyakinkan pembaca melalui tulisannya.

Mempersiapkan diri untuk SAT

Jika universitas pilihanmu mewajibkanmu untuk mengambil ujian SAT, kamu bisa mempersiapkan diri dengan membeli buku-buku latihan ujian SAT, atau mendaftarkan diri ke salah satu kursus persiapan ujian SAT.

Klik di bawah untuk melihat tempat kursus yang bisa kamu ikuti.

Cari Tempat Kursus SAT