Di Indonesia, negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, pergi salat tarawih itu sangat gampang! Tinggal jalan sedikit, sudah ada musala atau masjid. Tapi di negara-negara lain, tidak semudah itu. Seringkali untuk pergi ke masjid terdekat, kita harus menggunakan kendaraan. Kalau tidak punya kendaraan sendiri, maka kita terpaksa bergantung dengan taksi yang mahal atau bus yang kadang terlambat datang. Memang bisa sih salat tarawih di rumah, tapi rasanya kan tidak sama dengan di masjid.

Untungnya di Singapura sudah ada Terawhere!

kenali-aplikasi-yang-akan-memudahkanmu-tarawih-di-Singapura-ini-terawhere

Terawhere, gabungan dari “terawih” (pengejaan “tarawih” dalam bahasa Melayu) dan “where”, merupakan aplikasi ride-sharing yang menghubungkan sukarelawan umat Muslim yang memiliki kendaraan dengan umat Muslim yang membutuhkan mobil untuk pergi ke masjid. Penumpang dapat menggunakan aplikasi Terawhere untuk mencari sukarelawan terdekat yang bisa mengantar mereka pergi ke masjid, layaknya seperti aplikasi Grab atau Uber. Alternatif lain, para sukarelawan juga dapat menentukan tempat dan waktu jemputnya sendiri, seperti layaknya bus yang hanya berhenti di halte tertentu.

Aplikasi gratis ini dikembangkan oleh 15 pemuda-pemudi Melayu Muslim di Singapura. Sejak dirilis pada hari pertama bulan Ramadan tahun ini, Facebook page Terawhere sudah diikuti oleh lebih dari 2,000 orang.

Selain menguntungkan pihak umat Muslim yang tidak memiliki kendaraan, Terawhere juga menguntungkan pihak masjid yang memiliki keterbatasan tempat parkir. Sistem ride-sharing ini juga lebih ramah lingkungan.

Saat ini Terawhere hanya tersedia untuk smartphone berbasis Android dalam tahap Beta. Tapi untuk yang menggunakan iPhone, tenang saja! Tim Terawhere sedang mengembangkan iOS appnya.