Di saat liburan atau akhir pekan, mungkin kamu ingin bersenang-senang di mal, pantai atau kamar tidur. Tapi kenapa tidak gunakan waktu ini untuk mengembangkan diri sambil mendapatkan teman baru? Kerja sukarela adalah kesempatan yang bagus untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan positif. Selain seru, kerja sukarela juga terlihat bagus di resumemu dan akan sangat membantu saat mencari kerja nanti. Ada banyak tempat kerja sukarela di Singapura; berikut beberapa contohnya.

Buat para penyayang binatang… Society for the Prevention of Cruelty towards Animals (SPCA)

Ingin-mengembangkan-diri?-Tempat-kerja-sukarela-di-Singapura-1

Jika kamu adalah seorang penyayang binatang, kenapa tidak luangkan waktumu untuk membantu anjing dan kucing yang terlantar di SPCA? Kamu bisa memilih untuk kerja di tim Sales, Receptionist atau Shelter. Jika kamu berada di tim Sales, maka kamu akan menghabiskan waktumu di luar penampungan binatang. Tugasmu adalah menjual produk SPCA untuk menggalang dana, serta menghimbau masyarakat umum untuk mencegah kekerasan terhadap binatang. Receptionist akan bertugas di tempat penampungan binatang, dan bertugas menerima tamu dan membantu mereka yang ingin mengadopsi hewan. Yang terakhir, Shelter, bertugas di kandang hewan. Serunya, kamu bisa berinteraksi langsung dengan anjing dan kucing yang menggemaskan!

Bagi pecinta alam…Singapore National Park

Ingin-mengembangkan-diri?-Tempat-kerja-sukarela-di-Singapura-2

Kalau kamu senang berada di antara pepohonan rindang, tidak takut sinar matahari dan suka berjalan-jalan, Singapore National Park adalah organisasi yang tepat untukmu. Relawan dapat memilih dari berbagai macam kegiatan, seperti memimpin program pendidikan, menjadi pemandu wisata, atau bercocok tanam.

Untuk yang senang berinteraksi dengan anak-anak… Rainbow Centre atau Scholars Academy

Ingin-mengembangkan-diri?-Tempat-kerja-sukarela-di-Singapura-3

Rainbow Centre adalah yayasan yang bertujuan untuk membantu anak-anak dengan disabilitas, baik secara fisik maupun mental. Rainbow Centre memiliki program pendidikan menyeluruh yang akan membantu anak-anak ini beradaptasi ke dunia kerja di masa depan. Untuk kamu yang suka berinteraksi dengan anak-anak, kalian bisa membantu Rainbow Centre dengan membantu kegiatan penggalangan dana atau acara-acara sekolah lainnya. Bagi yang sanggup memberikan komitmen selama 3 hingga 6 bulan, kamu bisa juga membantu mereka di kelas.

Jika kamu lebih suka menjadi guru, kamu juga bisa mencoba Scholar’s Academy. Banyak murid yang ketinggalan pelajaran di sekolah karena berbagai alasan, mulai dari masalah keluarga hingga kondisi kesehatan. Murid-murid ini seringkali kesulitan mengejar ketinggalannya, dan beberapa tak sanggup membayar untuk kursus tambahan. Apabila kamu memiliki kesenangan dalam mengajar, kamu bisa berkontribusi dengan menjadi tutor gratis bagi mereka. Bantuan sekecil apapun akan berdampak positif bagi murid-murid ini, baik itu dalam mengajar bahasa Inggris, matematika atau kesenian. Kamu bisa memilih antara bekerja selama hanya beberapa jam, atau sehari penuh.

 

Itu dia beberapa organisasi yang bisa kamu ikuti sebagai relawan. Tentunya organisasi yang membutuhkan sukarelawan di Singapura sangat banyak jumlahnya. Apapun minatmu, pasti ada yang sesuai. Selamat berkontribusi!

Apabila kamu tahu organisasi lainnya yang cocok sebagai tempat kerja sukarela anak muda, kasih tahu kami ya di komen!