Mau kuliah di National University of Singapore (NUS)? Kalau kamu lolos tahap seleksi nilai dan online application, kamu akan diundang untuk mengikuti NUS University Entrance Examination (UEE).

Apa Itu UEE?

International students (pelajar dari luar Singapura) yang nggak punya kualifikasi atau sertifikat A Level wajib mengikuti UEE sebagai tes yang setara dengan A Level. Tes ini biasanya diselenggarakan di kota-kota besar di Indonesia dan dikenakan biaya sekitar S$52.

Persiapan UEE

Untuk menghadapi UEE, kamu perlu tahu subyek apa saja yang harus kamu ambil. Dua tes yang wajib kamu ikuti adalah Matematika dan Bahasa Inggris. Selain dua tes tersebut, jumlah tes yang kamu ambil tergantung dengan pilihan major kamu. Misalnya, kalau kamu memilih Chemistry dan Chemical Engineering, berarti kamu harus mengikuti tes Matematika, Bahasa Inggris, Kimia dan Fisika. Informasi terbaru tentang UEE dan materi yang diujikan dapat dilihat di sini.

Untuk mempersiapkan UEE, kamu bisa menguji diri dengan mengerjakan soal-soal untuk ujian A Level dan mempelajari materi-materi yang diujikan dengan buku-buku Bahasa Inggris supaya kamu terbiasa mengerjakan soal-soal dalam Bahasa Inggris.

Kalau dibanding soal UAN, sebenarnya soal UEE sedikit lebih sulit. Secara umum, soal-soal A Level butuh pengertian yang dalam tentang konsep-konsep dasar. Selain itu, kamu harus tahu cara mengaplikasikan konsep-konsep ini untuk berbagai jenis problem. Dengan kata lain, banyak soal-soal yang butuh nalar, bukan cuma memori. Salah satu subyek yang lumayan menantang adalah kimia organik, atau organic chemistry. Bagi anak-anak yang hanya belajar organic chemistry di sekolah, dan nggak mempelajari lebih jauh di olimpiade, misalnya, silabus organic chemistry bakal jadi salah satu subyek yang sulit. Selain karena bahannya jauh lebih banyak banyak, ada beberapa konsep dasar yang mungkin nggak diajarkan di SMA.

Sedikit tips dari SekolahSG, cobalah mencari buku-buku untuk materi dasar kuliah dalam Bahasa Inggris seperti buku Biologi karangan Campbell. Beberapa buku cetak Indonesia juga nggak kalah membantu, seperti buku Kimia karangan Alm. Marthen Kanginan.

Kalau kamu merasa butuh bantuan untuk belajar atau nggak suka belajar sendirian, kamu bisa mengikuti kursus khusus untuk UEE di Singapura. Biasanya, kursus-kursus ini dimulai sekitar setahun sebelum tes. Selain belajar, kamu juga bisa ketemu teman-teman baru yang mungkin bakal jadi teman kuliah kamu nantinya di Singapura!

Barang-barang Penting Saat Hari Tes

Nah, pada hari tes, jangan lupa bawa barang-barang ini:

  1. Kalkulator (non-programmable)
  2. Pensil 2B dan penghapus
  3. Kartu identitas
  4. Alat tulis lain (pulpen, tipp-ex, dsb.)
  5. Jaket
  6. Clipboard