Meskipun kita tidak dapat jatah libur untuk 17an, setidaknya kita bisa menikmati hari libur pada tanggal 9 Agustus dengan teman-teman warga negara Singapura kita. Tapi memangnya apaan sih Singapore National Day ini? Tentunya ini bukan sekedar hari dimana mahasiswa bisa tidur sampai siang karena tidak ada kelas (atau tidak tidur sama sekali karena mengejar tugas).

Jadi apaan dong?

Setelah penjajah Jepang dan Inggris pulang ke negara mereka masing-masing, Singapura sempat menjadi bagian dari negara Malaysia. Namun pada tanggal 9 Agustus 1965, Singapura akhirnya memisahkan diri dari Malaysia dan menjadi negara super mungil di Asia Tenggara.

Meskipun kecil, bukan berarti Singapura tidak tahu caranya merayakan hari kemerdekaannya sesuatu secara besar-besaran. Seperti di Indonesia, tiap daerah perumahan menyelenggarakan acaranya masing-masing. Bedanya, mereka tidak makan kerupuk atau memanjat pinang, mereka makan-makan bersama tetangga, membagi-membagikan bingkisan dan membuat prakarya bersama-sama.

Selain itu, pemerintah Singapura pun menyelenggarakan National Day Parade yang meriah di daerah tengah kota, yang kemudian diakhiri dengan festival kembang api yang mengagumkan di Marina Bay. Jika kamu ingin menyaksikan National Day Parade dan festival kembang api di Marina Bay, bersiap-siaplah untuk berdesak-desakan! Kamu juga mungkin harus mengantri panjang di MRT saat akan pulang.

Berikut beberapa tips untuk bersenang-senang saat National Day:

  • Gunakan pakaian yang sejuk dan menyerap keringat, dan gunakan sepatu yang nyaman. National Day Parade dan festival kembang api itu diselenggarakan di luar ruangan, di bawah terik matahari negara tropis ini. Bahkan saat matahari terbenam pun, kamu mungkin akan tetap kepanasan karena berdesak-desakan di dalam lautan manusia. Karena itu, pastikan kamu tidak salah kostum! Lebih baik lagi jika kamu memakai baju merah-putih, sesuai dengan bendera Singapura.
  • Bawa air minum. Kecuali kamu mengenakan baju yang dilengkapi dengan AC, kamu pasti akan banyak berkeringat. Jadi, jangan lupa untuk minum.
  • Pastikan baterai telepon genggammu penuh, dan kalau bisa, bawalah power bank. Apa yang lebih menyebalkan dari terpisah dari teman? Terpisah dari teman dan tidak bisa mengontak teman! Jadi, pastikan telepon genggammu itu tidak low-batt. Selain digunakan untuk mengontak teman, tentunya kamu akan ingin mengabadikan kemeriahan National Day Parade dan festival kembang api dengan kamera telepon genggammu.
  • Hindari Marina Bay. Tentunya, Marina Bay Sands bukanlah satu-satunya gedung pencakar langit di Singapura. Jika kamu malas berdesak-desakan di Marina Bay, ada banyak tempat lain untuk menyaksikan kembang api seperti gedung-gedung dan apartemen tinggi di Boat Quay, Clarke Quay atau Esplanade.

 

Featured imageĀ oleh observingeye (Flickr)