Belajar terus-terusan tentu akan membuat kita merasa suntuk. Sebagai manusia biasa, kita tentunya butuh melakukan aktivitas yang seru untuk bersenang-senang. Contohnya, co-curricular activity (CCA)!

Apaan sih CCA itu? Di Indonesia, CCA biasa dikenal sebagai kegiatan ekstrakurikuler alias ekskul. CCA merupakan bentuk kegiatan sosial dimana kamu bisa bertemu dengan orang-orang dengan minat yang sama. Ada berbagai macam jenis CCA yang bisa kamu ikuti, dan kalaupun tidak ada yang menarik minatmu, kamu bisa saja membentuk CCA sendiri*!

Selain seru, CCA juga sangat bermanfaat untuk masa depanmu nanti di dunia kerja. Nggak percaya? Yuk lihat 4 alasan di bawah ini:

  1. Memperluas jaringan teman
    Melalui CCA, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang berada di luar kelas atau bahkan jurusanmu. Kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang profesional yang sudah berada di dalam dunia kerja. Dengan kata lain, CCA adalah tempat dimana kamu bisa mengembangkan jaringan teman dan jaringan profesionalmu untuk di masa depan nanti.
  2. Mengembangkan soft skills
    Dalam dunia kerja, tidak cukup memiliki otak yang pintar dan GPA yang sempurna. Kamu juga harus pintar mengatur waktu, bernegosiasi dan berkomitmen. Semua ini adalah keterampilan yang tidak diajarkan di kelas maupun bisa dipelajari lewat buku. Dengan mengikuti CCA, kamu akan latihan mengatur waktu, bernegosiasi, menepati janji, menunjukkan integritas, dan lainnya.
  3. Mempercantik resume

    Zaman sekarang, perusahaan tidak hanya memandang nilai akademismu. Mereka ingin seseorang yang aktif dalam kegiatan luar sekolah seperti kerja sukarela, magang atau CCA. Kok gitu? Ini karena perusahaan ingin tahu apakah kamu cocok jadi pemimpin. Jadi sebaiknya, kamu tidak hanya sekedar menjadi anggota CCA saja, tapi menjadi anggota komite. Lebih baik lagi jika kamu bahkan bisa menjadi pemimpin CCA!

  4. Mendapat tempat tinggal di asrama kampus

    Untuk beberapa universitas, seperti NTU dan NUS, tingkat keaktifanmu di CCA bisa menjadi penentu boleh-tidaknya kamu tinggal di asrama (atau hall) kampus. Untuk tinggal di hall kampus, kamu harus mengumpulkan poin yang cukup–dan poin itu kebanyakan diperoleh dari partisipasimu dalam CCA!

Sudah nggak ragu lagi kan? Yuk daftar CCA!

*Setiap universitas memiliki persyaratannya tersendiri.

Cek dulu dengan universitasmu sebelum membentuk CCA!