Turis yang berwisata ke Singapura biasanya mengenal patung Merlion-nya yang terkenal, Resort World Sentosa-nya yang seru, Marina Bay Sands-nya yang mewah, atau Orchard Road-nya yang ramai. Tapi nyatanya, Singapura tidak selalu megah dan gemerlap. Ada juga kehidupan penduduk lokal Singapura yang sederhana dan tenang, jauh dari keramaian pusat atraksi negara mungil ini. Mari kita kenali kehidupan asli Singapura melalui akun-akun Instagram berikut:

inilah-kehidupan-asli-singapura-nguan

NGUAN

Fotografer misterius yang dikenal hanya sebagai Nguan ini telah bekerja sama dengan koran ternama, New York Times. Subjek fotografi Nguan berbagai rupa, namun menekankan kepada kehidupan sehari-hari Singapura seperti suasana di hawker centre (tempat makan murah meriah), pasar atau HDB (rumah susun bersubsidi yang dibangun dan dikelola oleh pemerintah Singapura). Meski hampir tidak pernah mencantumkan deskripsi atau caption untuk menemani foto-fotonya, tiap foto Nguan memiliki komposisi unik yang membuat kita merasa sedang bernostalgia–padahal kita tidak pernah tumbuh besar di Singapura! Kamu bisa mengikuti Nguan di Instagram di @_nguan_.

inilah-kehidupan-asli-singapura-doug-khoo

DOUG KHOO

Untuk mengakali keterbatasan lahannya, Singapura memiliki banyak gedung-gedung tinggi. Tema inilah yang menjadi fokus akun Instagram @dougkhoo. Foto-fotonya yang didominasi warna hitam dan putih ini akan mengajakmu melihat bangunan-bangunan Singapura dengan perspektif baru. Siapa bilang Marina Bay Sands adalah gedung Singapura dengan arsitektur paling menarik? HDB juga tidak kalah keren!

inilah-kehidupan-asli-singapura-hos

HUMANS OF SINGAPORE

Akun Instagram @HumansofSingapore memiliki konsep yang serupa dengan blog Humans of New York: street photography dan wawancara. Tiap foto memiliki cerita tentang subjeknya yang, tentu saja, penduduk lokal Singapura. Melalui akun ini, kamu dapat mengenali berbagai macam orang-orang yang tinggal di Singapura: mulai dari orangtua penyandang disabilitas yang menjajakan tisu di Orchard, hingga ke pekerja kantoran di Central Business District (CBD) yang elit.