Sebagai pelajar abad 21, kamu mungkin aktif di Facebook, Path, Line, WhatsApp, Twitter, Snapchat, Plurk, Instagram, Telegram, diagram, kilogram dan gram-gram lainnya. Kamu juga punya banyak kewajiban seperti membaca ulang catatan 5 kelas yang berbeda, mengerjakan 2 esai, menyelesaikan 3 tugas kelompok dan mempersiapkan diri untuk ujian minggu depan. Bagaimana caranya agar kamu bisa fokus dalam mengerjakan tugas kuliahmu? Berikut adalah empat aplikasi dan fitur yang bisa membuatmu tidak tergoda untuk mengecek Facebook setiap lima menit!

kecanduan-media-sosial-airplane-mode

Airplane mode (Setiap smartphone)

Ini adalah cara paling mudah dan murah. Setiap smartphone dilengkapi dengan fitur airplane mode yang harus kamu aktifkan saat akan naik ke dalam pesawat. Saat fitur ini diaktifkan, maka kamu tidak akan bisa menerima SMS, telepon ataupun menggunakan kuota Internetmu. Tanpa jaringan Internet, tentunya kamu tidak bisa mengakses media sosial. Aktifkan fitur airplane mode ini saat kamu butuh berkonsentrasi, dan pastikan kamu juga tidak menyambungkan smartphone-mu ke jaringan Wi-Fi. Harga: Gratis.

kecanduan-media-sosial-self-control

Self Control (OSX)

Self Control adalah aplikasi OS X gratis yang memblokir situs-situs tertentu selama waktu yang telah kamu tentukan. Misalnya, kamu bisa memblokir Facebook selama 90 menit, dan hanya bisa membuka situs universitas, Wikipedia dan Google Scholar. Kamu bahkan bisa memblokir aplikasi seperti Skype. Harga: Gratis.

kecanduan-media-sosial-freedom

Freedom (Windows, OSX, iOS)

Dengan Freedom, kamu bisa membuat daftar situs dan aplikasi yang ingin kamu blokir saat bekerja, atau bahkan memblokir seluruh akses ke Internet. Kamu juga bisa menjadwalkan Freedom untuk aktif secara otomatis di masa depan. Saat ini, Freedom hanya bisa digunakan di Mac, Windows, iPhone, iPad dan iPod touch. Mereka juga sedang mengembangkan Android client.
Harga: US$2.42/bulan selama setahun atau US$6.99/bulan.

kecanduan-media-sosial-cold-turkey

Cold Turkey (Windows)

Blokir situs-situs menggoda dengan Cold Turkey Basic. Sekali kamu menyalakan Cold Turkey, kamu tidak bisa menghentikannya sampai timer program tersebut berakhir. Cold Turkey bisa digunakan untuk hampir semua web browser, mulai dari Internet Explorer, Google Chrome, Firefox hingga Opera. Harga: Gratis untuk Cold Turkey Basic, atau US$19 sekali pembayaran untuk Cold Turkey Pro.