tips-dapat-a-agif

Seru ya kuliah di Singapura. Hidup rasanya lebih bebas. Kamu boleh main ke rumah teman kapan saja, jalan-jalan hingga malam hari atau ngobrol di kamar tetangga asramamu selama berjam-jam. Ada banyak juga pesta yang bisa kamu datangi. Tapi, eits! Jangan lupa, kewajiban utamamu itu tetap untuk belajar. Nih, gini nih caranya supaya nilaimu tetap bagus selama kuliah:

  1. Jangan bolos
    tips-dapat-a-alarm Ya iyalah ya. Tapi jangan salah, banyak yang tergoda untuk bolos kelas karena tidak akan ada yang ngomel atau menghukum pelajar yang tidak masuk kelas. Meski begitu, kamu akan merasakan akibatnya nanti saat mengerjakan tugas atau saat ujian. Bolos kelas artinya kamu harus kerja lebih keras dalam mengejar materi pelajaran. Beberapa universitas bahkan melarang pelajarnya untuk ikut ujian apabila mereka bolos terlalu banyak. Artinya, nilai ujian mereka itu kosong. Hiii! Amit-amit!
  2. Duduk di barisan paling depan
    tips-dapat-a-duduk
    Sebagai pelajar modern, tentunya kamu aktif di Facebook, Snapchat, Path, Line, WhatsApp dan mungkin puluhan media sosial lainnya. Tapi kalau kamu terus-terusan membaca meme lucu di Internet, yang ada kamu tidak konsen di kelas. Jika kamu duduk paling depan, godaan untuk mengecek jejaring sosial akan berkurang drastis. Dijamin!
  3. Aktif berpartisipasi di kelas
    tips-dapat-a-aktif Saat kuliah, kamu tidak bisa hanya berpura-pura bisu dan tidur dengan mata terbuka di kelas. Setiap universitas mengharapkan mahasiswanya berpartisipasi di kelas dengan menjawab pertanyaan dan ikut berdiskusi. Bahkan, aktif atau tidaknya kamu dalam berpartisipasi bisa menentukan 20% nilai pelajaranmu di beberapa universitas! Selain itu, berpartisipasi juga membuat otakmu bekerja terus dan menghindarimu dari rasa kantuk saat di kelas. Siapa sih yang bisa melek dengan mendengarkan suara dosen saja selama 1 jam?
  4. Belajar di luar jam pelajaran di tempat yang tenang
    tips-dapat-a-silenceAgar kamu bisa berpartisipasi dengan baik di kelas, kamu sebaiknya membaca ulang catatan kelas dan buku pelajaran di luar kelas. Ini juga agar kamu tidak tergesa-gesa belajar saat menjelang ujian akhir nanti. Jangan lupa untuk mencari tempat yang tenang agar kamu lebih mudah berkonsentrasi. Sebisa mungkin, menjauhlah dari tempat tidur agar tidak tergoda untuk tidur siang selama 10 jam. Kalau butuh inspirasi tempat belajar, yuk coba cek perpustakaan umum Singapura.
  5. Jauhi media sosial saat belajar atau mengerjakan tugas
    tips-dapat-a-socmed Ya, sekali lagi, jauhi media sosial saat kamu belajar di luar kelas. Ada banyak cara agar kamu tidak tergoda untuk mengecek media sosial. Untuk selengkapnya, baca tips SekolahSG: 4 cara jitu agar tidak tergoda untuk membuka media sosial!

BONUS: Menggunakan Teknik Pomodoro

tips-dapat-a-pomodoro
Sebagai manusia biasa, tidak mungkin kita bisa kerja dan belajar selama terus-menerus. Teknik Pomodoro membagi waktu kerja atau belajar dengan waktu istirahat. Caranya mudah:

  1. Tentukan satu tugas yang harus kamu selesaikan (contoh: membaca catatan, melakukan riset tentang sebuah topik atau menulis tugas)
  2. Nyalakan timer (biasanya selama 25 menit)
  3. Kerjakan tugas tersebut sampai timer berbunyi
  4. Nyalakan timer selama 5 menit, dan beristirahatlah hingga timer berbunyi lagi
  5. Ulang ke langkah nomor 2
  6. Setelah kamu mengulang tahap 2-5 selama tiga kali, beristirahatlah selama 15-30 menit.

Gunakan teknik ini untuk tiap tugas yang harus kamu kerjakan.

 

Selamat belajar!

tips-dapat-a-do-it