Di minggu-minggu menjelang Halloween ini, atraksi menakutkan yang populer jelas adalah Universal Studios Horror Nights. Tetapi dengan harga tiket yang di mulai dari S$51 untuk pelajar, tentunya ini bukan atraksi yang dibilang murah untuk kebanyakan murid biasa. Kalau kamu adalah penggemar setia rumah hantu, mungkin sekali pergi ke Horror Nights tidak akan cukup.

Karena itu, mungkin ini saatnya kamu mengunjungi Haw Par Villa!

haw-par-villa-gate
Foto oleh Your Singapore.

Haw Par Villa dibangun pada tahun 1937 oleh Aw Boon Haw and Aw Boon Par, sepasang kakak-adik dari Burma (kini dikenal sebagai Myanmar) yang pindah dan menetap di Singapura. Kakak-beradik ini jugalah yang mempopulerkan balsem Tiger Balm yang hingga kini tetap menjadi salah satu balsem paling populer di Singapura.

Taman ini sempat diambil alih oleh tentara Jepang pada perang dunia kedua, namun kembali dikelola oleh keluarga Aw setelah perang berakhir. Pada tahun 1985, Singapore Tourism Board mengambil alih Tiger Balm Garden dan mengubah namanya menjadi Haw Par Villa. Kini, Haw Par Villa dapat kamu kunjungi secara gratis setiap hari dari jam 9 pagi hingga 7 malam.

Yang unik dari Haw Par Villa ini adalah terowongan diorama sadis dan mengerikan mengenai dongeng Cina “10 Pengadilan Neraka” (10 Courts of Hell). Konon, manusia yang kejahatannya melebihi kebaikannya akan diadili di neraka dan disiksa untuk menebus dosa-dosa mereka sebelum direinkarnasi. Tiap pengadilan memiliki jenis siksaan yang berbeda tergantung dengan dosa manusia tersebut. Jika kamu curang saat ujian, misalnya, maka ususmu akan ditarik keluar. Setelah melewati 10 Pengadilan Neraka, manusia akan dilahirkan kembali entah sebagai manusia atau binatang.

Meski tidak dibuat menggunakan teknologi modern, berjalan-jalan di antara patung-patung ini dijamin akan membuat bulu kuduk siapapun berdiri. (Sekedar peringatan, foto-foto di bawah ini mungkin menakutkan bagi beberapa orang).

haw-par-villa-1-jnzl-photo haw-par-villa-2-jnzl-photo haw-par-villa-3-jnzl-photo haw-par-villa-4-jnzl-photo haw-par-villa-5-jnzl-photo haw-par-villa-6-jnzl-photo haw-par-villa-7-jnzl-photo

Foto oleh Jnzl Photo (Flickr)

Feature image oleh Sarah Starkweather (Flickr)