Pendaftaran kuliah ke NTU sudah tinggal beberapa minggu lagi. Kamu pasti sudah tidak sabar mau segera mendaftar kuliah. Namun kamu punya beberapa pertanyaan penting kamu yang belum terjawab? Yuk, baca tanya jawab berikut! Siapa tahu pertanyaan kamu juga terjawab di sini.

1. Kapan pendaftaran ke NTU dibuka?

Apabila kamu termasuk kualifikasi SMA UAN (bukan A-Levels atau International Baccalaureate), pendaftaran akan dibuka sekitar bulan Oktober 2015 dan tutup sekitar bulan Desember 2015.

2. Bagaimana cara mendapatkan formulir pendaftaran ke NTU?

Pendaftaran ke NTU dilakukan secara online; kamu harus menggunakan formulir pendaftaran online yang telah disiapkan NTU.

3. Berapa banyak formulir pendaftaran yang bisa saya kumpulkan?

Kamu hanya bisa mengumpulkan satu formulir pendaftaran.

4. Saya menemukan banyak kualifikasi dan formulir pendaftaran di website NTU. Kualifikasi dan formulir pendaftaran mana yang harus saya pilih?

Apabila kamu saat ini bersekolah di SMA di Indonesia, kamu harus memilih kualifikasi Indonesia SMA UAN, dan mengisi formulir pendaftaran yang terdapat di webpage tersebut. Jika kamu salah mengisi formulir, aplikasi kamu akan dianggap gagal.

5. Apa bahasa yang digunakan untuk mengisi formulir pendaftaran NTU?

Semuanya data yang dimasukkan harus dalam bahasa Inggris.

6. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi formulir pendaftaran NTU?

Umumnya, pengisian formulir pendaftaran NTU bisa diselesaikan dalam waktu minimal 20 menit.

7. Apa saja data yang diperlukan saat mengisi formulir pendaftaran?

Kamu bisa melihat contoh formulir pendaftaran onlinenya di sini. Persiapkanlah data yang dibutuhkan sebelum mengisi.

8. Berapakah jumlah jurusan yang bisa kamu daftarkan?

Setiap pendaftar bisa mendaftar ke maksimal 5 jurusan. Namun kamu tidak harus selalu mendaftar ke 5 jurusan; jumlah minimumnya adalah 1 jurusan.

9. Kalau saya sudah memulai mengisi formulir pendaftarannya namun belum selesai, apakah saya bisa menyimpan dan melanjutkannya di lain waktu?

Progress pengisian formulir kamu tidak bisa disimpan dan dilanjutkan di lain waktu. Jadi, kamu harus mempersiapkan waktu dan semua informasi yang diperlukan sebelum kamu memulai mengisi formulir.

10. Saya tidak pernah mengambil tes TOEFL, SAT, maupun IELTS. Apakah saya masih bisa mendaftar ke NTU?

Tentu saja kamu masih bisa mendaftar ke NTU. Tes-tes tersebut pun sebenarnya tidak wajib. Namun, jika kamu pernah mengambil tes di atas, dan nilai kamu melewati nilai minimal, kamu tidak perlu mengikuti Qualification English Test (QET) lagi. (QET berbeda dengan ujian masuk bahasa Inggris, karena QET diambil setelah kamu resmi menjadi mahasiswa NTU.)

11. Saya sudah pernah mendaftar di NTU tahun sebelumnya, namun aplikasi saya gagal. Apakah saya masih bisa mendaftar ke NTU?

Apabila kamu belum pernah mengikuti ujian masuk NTU atau University Entrance Examination (UEE), kamu masih bisa mendaftar ke NTU. Namun sebaliknya, jika kamu pernah mengikuti ujian masuk NTU tapi tidak berhasil lolos, kamu tidak boleh lagi mendaftar ke NTU.

12. Setelah saya submit formulir pendaftaran saya, apakah saya masih bisa memperbaiki data yang saya masukkan di formulir pendaftaran tersebut?

Kamu tidak bisa kembali dan memperbaiki apapun di formulir pendaftaran setelah kamu submit formulir pendaftaran kamu. Oleh sebab itu, sebelum submit aplikasi kamu, jangan lupa untuk memeriksa kembali aplikasi kamu dengan tombol Preview dan memperbaiki seperlunya.

13. Apakah ada bukti yang menyatakan bahwa formulir pendaftaran saya sudah diterima pihak NTU?

Setelah kamu submit aplikasi kamu, kamu akan diberikan application number dan kamu akan diberi tahu lewat email jika aplikasi kamu sudah diterima di sistem NTU.

14. Apakah ada biaya pendaftaran yang harus dibayar?

Kamu harus membayar application fee sebesar $20 atau $30, tergantung metode pembayaran kamu. Apabila kamu belum membayar application fee dan belum mengumpulkan dokumen yang dibutuhkan, aplikasi kamu tidak akan diproses. Batas waktu pembayaran adalah sekitar 7 hari setelah periode pendaftaran ditutup.

15. Apa saja dokumen-dokumen yang harus dikumpulkan?

Setelah mendaftar, kamu harus mengumpulkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan identitas kamu dan hasil belajar kamu di SMA.

 

Ada pertanyaan lain?

Silakan ketik pertanyaan kamu di comment box berikut ya!