Singapura memiliki banyak universitas-universitas yang dapat kamu pilih sesuai dengan cita-citamu. Pada dasarnya, universitas negeri maupun swasta masing-masing memiliki nilai tambah tersendiri. Tidak sedikit universitas swasta yang menghasilkan alumni berkualitas yang tidak kalah hebatnya dengan universitas negeri. Namun sayangnya, beberapa lembaga pendidikan swasta di Singapura memiliki reputasi yang buruk.

Diploma palsu KIBS dan kasus brosur yang menyesatkan.

jangan-sembarang-memilih-universitas-di-singapura-1

Pada tahun 2015, Kings International Business School (KIBS) ditutup oleh Dewan Pendidikan Swasta (CPE) Singapura. Alasannya adalah karena KIBS telah memberikan diploma kepada pelajar-pelajarnya yang sebenarnya belum mengambil tes kualifikasi. KIBS juga mengaku bahwa mereka telah diakui oleh London Chamber of Commerce and Industry (LCCI). Padahal nyatanya, baik situs LCCI Asia maupun LCCI UK tidak mencantumkan nama KIBS dalam daftar universitas yang mereka akui. Di bulan Juni tahun 2016, KIBS masih belum mengembalikan uang kuliah pelajar-pelajar yang telah ditipunya. Akhirnya, manajer dan direktur KIBS pun dihadapkan ke pengadilan.

Kasus penipuan seperti KIBS ini sayangnya tidak baru.

Contohnya Dimensions International College yang diinvestigasi pada tahun 2012 oleh CPE. Menurut laporan, universitas swasta tersebut telah menyebarkan brosur yang penuh dengan hiperbola dan informasi yang tidak akurat. Di brosurnya, Dimensions International College menjanjikan status Permanent Resident (PR) atau bahkan kewarganegaraan Singapura untuk pelajar-pelajar internasionalnya. Terlebih lagi, brosur itu juga menyatakan bahwa setiap alumni Dimensions International College dijamin 100% akan mendapatkan pekerjaan.

Dimensions International College menyangkal tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa brosur itu diproduksi oleh pihak yang ingin menjatuhkan reputasi mereka.

Apapun kebenarannya, nyatanya ada banyak pelajar Dimensions International College yang termakan oleh janjian di brosur penuh hiperbola itu. Sekitar 30 pelajar dari 50 pelajar yang diwawancara oleh Straits Times, koran terbesar Singapura, mengaku bahwa mereka mendapatkan brosur tersebut dari agen mereka di negara masing-masing. Meskipun sadar bahwa brosur itu penuh hiperbola, pelajar-pelajar tersebut tetap memutuskan untuk mempercayakan karir dan jenjang kuliahnya kepada agen tersebut.

Wah, seram juga ya!

Memilih universitas dengan cermat bersama EduTrust.

jangan-sembarang-memilih-universitas-di-singapura-2

Meski banyak kasus yang kurang menyenangkan, bukan berarti semua universitas swasta itu buruk! Ini karena pemerintah Singapura memiliki sistem sertifikasi EduTrust.

EduTrust adalah skema jaminan kualitas lembaga pendidikan swasta yang dikelola oleh CPE. Universitas yang memiliki sertifikat EduTrust adalah universitas yang:

  • Memiliki proses akademik yang efektif dan efisien
  • Menilai tugas dan kemampuan pelajar dengan adil
  • Mempunyai dosen-dosen yang layak dan dapat mengajar dengan baik
  • Menyediakan pelayanan yang mendukung kesejahteraan mahasiswa (seperti menyediakan asuransi kesehatan khusus pelajar)
  • Memiliki fasilitas yang memadai
  • Memilih agen perekrutan pelajar yang jujur dan etis, serta tidak menyesatkan calon pelajar
  • Memiliki kontrak pelajar yang adil, serta sistem pengembalian dana yang jelas
  • Mempunyai kemampuan finansial yang memadai agar tidak gulung tikar di tengah masa pelajaran

Tidak semua universitas swasta yang memiliki EduTrust memiliki kualitas yang sama. Terdapat tiga jenis sertifikat EduTrust:

  1. EduTrust Star: Untuk universitas swasta dengan kualitas yang luar biasa (skor 750 ke atas)
  2. EduTrust: Untuk universitas swasta dengan kualitas yang bagus (skor 600-749)
  3. EduTrust Provisional: Untuk universitas swasta dengan nilai mencukupi (skor 500-599)

Nah, sekarang sudah tahu kan? Jika kamu tertarik dengan universitas swasta di Singapura, pastikan mereka memiliki sertifikat EduTrust. Biar gampang, cek daftar universitas swasta di SekolahSG. Semua universitas di SekolahSG dijamin memiliki sertifikat EduTrust atau EduTrust Star. Selamat menemukan universitas idamanmu!