Saat pindah ke Singapura, tentunya kamu tidak mungkin bisa membawa semua kebutuhanmu dari Indonesia. Beberapa barang memang tidak muat ke dalam kopermu, sementara barang-barang lainnya memang tidak ada di Indonesia. Jika kamu butuh berbelanja perlengkapan rumah tangga, buku atau barang elektronik untuk kuliah, yuk lihat daftar toko di bawah ini!

 

PERLENGKAPAN RUMAH TANGGA

  1. IKEA
    belanja-di-singapura-ikeaIKEA bukan sekedar tempat untuk makan Swedish Meatballs yang wuenak loh. Di Singapura, terdapat dua IKEA: satu di Alexandria dan satu di Tampines. Karena keduanya jauh dari stasiun MRT, kamu harus menggunakan taksi, bus atau shuttle bus yang disediakan oleh IKEA. Kalau bisa, hindari pergi ke IKEA di akhir pekan, karena akan ramai dipenuhi oleh keluarga-keluarga yang berbelanja.
  2. DAISO
    belanja-di-singapura-daiso
    Mau sapu? Ember? Piring? Gelas? Kain pel? Bantal? Buku tulis? Snack? Toples? Semua ada! Semua S$2! Pastikan kamu bisa mengontrol diri sebelum masuk ke dalam DAISO, kalau tidak mau belanja kebanyakan barang-barang yang sebenarnya tidak betul-betul kamu perlukan.
  3. Japan Home
    belanja-di-singapura-japan-home
    Japan Home menjual berbagai perabot rumah tangga mulai dari panci hingga kain pel dengan harga yang murah dan kualitas yang juga bagus. Mau pergi ke Japan Home? Gampang! Dengan lebih dari
    60 cabang di seluruh penjuru Singapura, tentunya ada Japan Home yang cukup dekat dengan tempat tinggalmu.
  4. Harvey Norman
    belanja-di-singapura-harvey-norman
    Mulai dari alat penyedot debu, bantal, selimut hingga laptop ada di
    Harvey Norman. Kalau kamu butuh pergi ke toko serba ada, Harvey Norman tempatnya!

 

BUKU

  1. Kinokuniya
    belanja-di-singapura-kinokuniya
    Toko buku yang berasal dari Jepang ini menawarkan berbagai jenis buku dalam bahasa Inggris, Mandarin dan tentunya, Jepang. Toko utamanya yang berada di Ngee Ann City mall, Orchard, merupakan toko buku paling besar di Singapura. Selain itu, Kinokuniya juga memiliki cabang lain di Liang Court, Bugis dan Jurong.
  2. POPULAR
    belanja-di-singapura-popular
    POPULAR adalah toko buku paling tua di Singapura. Toko ini juga memiliki cabang paling banyak, dengan 27 cabang di seluruh penjuru pulau. POPULAR dikenal sebagai sumber buku pelajaran yang cukup lengkap, jadi datanglah kesini kalau kamu butuh membeli materi pelajaran!
  3. Basheer Graphic Books
    belanja-di-singapura-basheer
    Untuk kamu yang mengambil jurusan arsitektur, disain komunikasi visual, animasi fashion, fotografi atau sekedar hobi akan hal-hal yang berhubungan dengan industri kreatif, maka Basheer adalah toko buku untukmu. Toko buku kecil di Bras Basah Complex ini terlihat sempit dan sedikit tua. Tapi jangan salah, koleksinya cukup lengkap dan baru! Seringkali kamu akan menemukan artbook yang tidak ada di toko buku besar lainnya.

 

ELEKTRONIK

  1. Sim Lim Square
    1 Rochor Canal Road, 188504
    belanja-di-singapura-simlimMall yang terdiri dari toko-toko elektronik yang kecil ini dikenal sebagai tempat mendapatkan barang elektronik dengan harga miring. Miring dalam artian: jika kamu beruntung, kamu akan mendapatkan diskon besar-besaran. Jika kamu tidak beruntung, maka kamu akan rugi besar-besaran juga. Kamu wajib mengasah kemampuan tawar-menawarmu sebelum menginjakan kaki ke Sim Lim Square. Pastikan kamu mengecek harga ke beberapa toko untuk memastikan harga pasar barang yang kamu inginkan, dan periksa kembali kualitas barang belanjaanmu sebelum meninggalkan toko. Agar aman, carilah toko dengan logo CASETrust.
  2. Lucky Plaza
    304 Orchard Road, 238863belanja-di-singapura-lucky-plazaSama seperti Sim Lim Square, kamu harus pandai dalam hal tawar-menawar di Lucky Plaza. Jika kamu menggunakan smartphone, kamu juga bisa membandingkan harga barang yang kamu incar dengan harga yang ada di toko online.
  3. Mustafa Centre
    145 Syed Alwi Road, 207704
    belanja-di-singapura-mustafa2
    Butuh beli barang elektronik jam 2 pagi? Kamu bisa ke Mustafa Centre. Selain menawarkan berbagai barang elektronik dengan harga kompetitif, Mustafa Centre juga buka selama 24 jam setiap harinya. Kamu juga bisa sekalian berbelanja bahan makanan dan makanan ringan dari Indonesia di sini!
  4. Challenger
    belanja-di-singapura-challengerChallenger adalah toko barang elektronik serba ada yang saat ini memiliki lebih dari 30 cabang di Singapura. Kalau kamu punya (atau kenal seseorang yang punya) kartu anggota Challenger, maka kamu bisa mendapatkan diskon khusus untuk pembelianmu. Kamu juga bisa mengumpulkan poin yang bisa ditukarkan menjadi hadiah menarik. Challenger juga memiliki toko online, Hachi.
  5. Courts
    belanja-di-singapura-courts
    Butuh komputer dengan segera tapi belum memiliki cukup uang? Selain menawarkan berbagai macam produk dalam harga terjangkau, Courts juga menawarkan program pembayaran berkala bernama Flexi Plan. Dengan Flexi Plan, kamu bisa mencicil bayaran hingga 72 bulan. Courts juga memiliki toko online yang lengkap, jadi kamu bahkan tidak perlu meninggalkan kasurmu untuk berbelanja.
  6. COMEX dan SITEX
    COMEX dan SITEX adalah pameran barang elektronik tahunan yang menawarkan diskon besar-besaran untuk berbagai macam produk elektronik. Kunjungi situs mereka masing-masing, dan catat tanggal pameran selanjutnya! Jangan lupa untuk datang awal agar tidak kehabisan barang!