Deepavali, dikenal juga sebagai Diwali, adalah sebuah perayaan umat Hindu yang penting di Singapura. Selain di Singapura, Deepavali juga dirayakan di negara-negara seperti Nepal, Sri Lanka, Fiji dan tentunya, India.

Kisah asal-muasal Deepavali sangat beragam. Konon, Deepavali diadakan untuk merayakan kembalinya Rama setelah ia diusir ke hutan yang kelam oleh ibu tirinya yang jahat. Ada juga yang percaya bahwa festival ini diadakan untuk memuja Mahalakshmi, seorang dewi Hindu yang melambangkan cahaya dan kemakmuran. Banyak juga yang berpendapat bahwa Deepavali adalah perayaan kemenangan dewa Krishna yang berhasil mengalahkan Narakasura yang keji.

Di hari-hari menjelang Deepavali, rumah dan jalan-jalan di sekitar Little India akan dihiasi oleh berbagai bunga indah, karya seni rangoli dan lampu cantik yang berwarna-warni. Lampu ini merupakan simbol dari cahaya yang mengalahkan kegelapan dalam agama Hindu.

Ingin lebih mengenal komunitas Hindu di Singapura? Kunjungi tempat-tempat berikut!

Sri Mariamman Temple

244 South Bridge Road, Chinatown

Kuil yang dibangun pada tahun 1827 ini adalah kuil Hindu tertua di Singapura. Selain cantik dan menakjubkan, kuil ini juga teramat spesial karena menjadi tempat pelaksanaan Firewalking Ceremony, sekumpulan peserta terlatih akan berjalan dengan telanjang kaki di atas batu bara panas untuk membuktikan kesucian mereka. Kamu dapat menonton acara ini pada tanggal 23 Oktober 2016. Di hari selanjutnya, pada tanggal 24 Oktober 2016, Sri Mariamman Temple akan menjadi titik mulainya Silver Chariot Procession, di mana sebuah kereta dengan patung dewi Draupadai akan diarak-arak hingga Little India.

Indian Heritage Centre

5 Campbell Lane, Little India

Penasaran bagaimana komunitas India bisa menyebar hingga Asia Tenggara? Kunjungi Indian Heritage Centre di Little India. Galeri di museum ini ditata secara kronologis dari abad ke-1 hingga abad ke-21. Rasanya seperti time-travelling! Museum ini dibuka setiap hari Selasa hingga hari Minggu dari pukul 10 pagi. Jangan lupa untuk mengunjungi museum ini pada tanggal 28 dan 29 Oktober 2016 untuk menyaksikan acara-acara spesial Deepavali.

Deepavali Festival Village

Hastings Road, Little India

Selain cantik, ramai dan berwarna-warni, Deepavali Festival Village ini adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan makanan ringan khas komunitas India Singapura seperti murukku dan athirasam.

Sri Veeramakaliamman Temple

141 Serangoon Road, Little India

Kuil ini adalah salah satu atraksi utama Little India. Di sini kamu dapat menemukan patung Dewi Kali, seorang dewi bertangan 14 yang membasmi kejahatan dan melambangkan kekuatan dan perubahan. Kamu hanya dapat mengunjungi kuil ini di pagi hari sebelum jam 12.30 siang, dan setelah jam 4 sore hingga jam 8.30 malam.

Nagore Dargah Indian Muslim Heritage Centre

140 Telok Ayer Street

Meskipun tidak berhubungan langsung dengan Deepavali, Nagore Dargah Indian Muslim Heritage Centre adalah tempat yang bagus untuk mengenal lebih jauh komunitas India di Singapura. Bangunan ini pertama kali didirikan pada tahun 1830 oleh imigran dari India selatan. Nagore Dargah merupakan sebuah replika dari sebuah bangunan suci untuk menghormati Shahul Hameed, salah seorang yang berjasa dalam menyebarkan agama Islam di India. Pada tahun 2011, Nagore Dargah dirombak menjadi pusat sejarah umat Muslim India di Singapura.