Mendaftar ke universitas mana pun pasti membutuhkan dokumen pendukung, termasuk mendaftar ke NTU. Setelah mendaftar online, calon mahasiswa seperti kamu harus mengumpulkan dokumen-dokumen tertentu sebagai bahan pertimbangan untuk menerima kamu di NTU (atau tidak). Tentu saja, jika kamu gagal mengumpulkan dokumen-dokumen tersebut, pendaftaran kamu ke NTU akan dianggap gagal.

Pengumpulan dokumen ini dilakukan secara online menggunakan uploading feature yang akan dapat kamu akses setelah mendaftar ke NTU secara online. Pengumpulan melalui email tidak akan diterima oleh pihak NTU. Jika kamu akhirnya diterima di NTU, kamu akan diminta untuk menunjukkan versi asli dari dokumen-dokumen tersebut.

Dokumen kamu tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Dokumen-dokumen yang harus kamu kumpulkan bisa dilihat di checklist yang didapat setelah kamu mendaftar. Semua dokumen berikut harus discan dan dikirim secara online. Berikut dokumen-dokumennya:

1. Halaman Identitas Paspor

Kamu harus scan halaman identitas paspormu, seperti pada contoh berikut. Kalau kamu belum memiliki paspor pada saat pendaftaran, kamu bisa menggunakan akta kelahiran atau kartu identitas, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu pelajar.

7-dokumen-pendukung-untuk-mendaftar-ke-ntu-paspor

2. Rapor SMA dan Ijazah UAN SMA

Bagi kamu yang masih duduk di bangku SMA kelas 12 pada saat pendaftaran, kamu harus mengumpulkan ijazah UAN 3 hari setelah ijazahmu keluar. Rapor SMA yang harus kamu kumpulkan hanya rapor kelas 10 (semester 1 dan 2) dan kelas 11 (semester 1 dan 2).

3. Rapor SMP dan Ijazah UAN SMP

Kamu juga harus mengumpulkan rapor SMP kelas 7, 8, dan 9, semester 1 dan 2, serta ijazah SMP kamu. Kalau nilai SMP kamu dulu tidak terlalu bagus, tenang aja! NTU lebih mementingkan nilai kamu waktu SMA dan perkembangan nilai kamu sampai sekarang.

4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

Hanya untuk mahasiswa transfer (yang sudah bersekolah di universitas lain pada saat pendaftaran).

Kamu harus mengumpulkan nilai-nilai kamu selama masa pendidikan kamu di universitas tempat kamu belajar pada saat pendaftaran. Namun, kamu juga tetap harus mengumpulkan rapor dan ijazah SMP dan SMA.

5. Nilai TOEFL, SAT, atau IELTS (tidak wajib)

Jika kamu memiliki nilai TOEFL, SAT, atau IELTS yang masih valid, yaitu di dalam jangka waktu 2 tahun sebelum pendaftaran. Kelebihannya, kamu tidak perlu mengikuti Qualification English Test (QET) lagi setelah kamu diterima di NTU (tentunya jika nilai kamu melewati batas minimalnya). Meski begitu, kamu masih tetap harus mengambil tes English pada saat University Entrance Examination (UEE) walaupun nilai TOEFL, SAT, atau IELTS kamu melewati batas minimal dari NTU.

6. Sertifikat Olimpiade Internasional (tidak wajib)

Kalo kamu pernah memenangkan olimpiade internasional, kamu bisa langsung diterima di NTU tanpa perlu mengikuti ujian masuk lho! Selain itu, kalo kamu memiliki sertifikat lain, baik akademik maupun non-akademik, kumpulkan aja; sertifikat tersebut bisa menjadi nilai tambah untuk kamu.

7. Portfolio (hanya untuk yang mendaftar ke NTU School of Art, Design and Media)

Portfolio harus dikirimkan melalui pos, secara langsung, atau dengan menggunakan jasa kurir dalam waktu 7 hari setelah kamu mendaftar online. Pengumpulan melalui email tidak akan diterima. Untuk informasi lebih lanjut mengenai hasil karya apa saja yang harus dikumpulkan dan bagaimana prosedur lengkapnya, bisa dilihat di website NTU School of Art, Design & Media.

 

Berikut merupakan hal-hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum kamu upload dokumen-dokumen kamu:

  1. Semua dokumen harus discan dalam warna aslinya.
    Jika kamu hanya mempunyai fotokopian, kamu harus melegalisir dokumen tersebut sebelum discan.
  2. Simpan semua halaman untuk dokumen yang sama di dalam satu file Winword (Microsoft Word) atau PDF.
    Contohnya, untuk nilai rapor SMA kamu memiliki paling sedikit 4 halaman untuk 4 semester. Simpan 4 halaman tersebut di dalam satu file. Lakukan hal yang sama untuk dokumen yang memiliki beberapa halaman lainnya, atau kamu juga bisa mengelompokkan dokumen kamu berdasarkan 6 dokumen di atas. Jika kamu menggunakan Microsoft Word, pastikan bahwa kamu menggunakan fitur insert image file. Copy & paste tidak akan diterima.
  3. Pastikan kamu akan mengupload file yang tepat ke lokasi yang tepat.
    Kamu harus berhati-hati saat mengupload, karena kamu tidak diizinkan untuk upload ulang, atau melihat lagi dokumen yang telah kamu upload.
  4. Pastikan dokumen-dokumen yang termasuk dalam Compulsory Submission telah kamu kumpulkan.
    Dokumen-dokumen tersebut adalah dokumen pada poin 1-3 (atau 1-4) di atas. Setelah kamu klik tombol Confirm, kamu tidak akan bisa mengumpulkan dokumen apapun lagi.
  5. Setelah mengupload file tersebut, klik tombol Confirm untuk menyatakan bahwa kamu telah selesai mengumpulkan dokumen.
    Aplikasi kamu akan diproses hanya bila kamu telah mengumpulkan dokumen kamu dan menyatakan bahwa kamu telah selesai mengumpulkan dokumen kamu. Walaupun kamu belum mengumpulkan nilai ijazah SMA kamu, kamu tetap harus klik tombol Confirm tersebut. Kamu bisa mengumpulkan ijazah SMA kamu setelah ijazah kamu keluar.

Jika kamu tidak bisa mengumpulkan dokumen kamu secara online, kamu bisa mengirimkan secara langsung atau lewat pos ke:

Office of Admissions & Financial Aid
Nanyang Technological University
Student Services Centre, Level 2
42 Nanyang Avenue

Kamu harus menulis nomor aplikasi kamu di ujung kanan atas pada semua dokumen kamu. Masukkan semua dokumen ke dalam amplop, dan tulis juga nomor aplikasi kamu pada sudut kiri atas amplop. Kamu hanya perlu mengirimkan hasil fotokopi dokumen kamu yang sudah dilegalisir oleh pihak yang mengeluarkan.