Tahun baru Imlek akan tiba sebentar lagi. Di Singapura, tahun baru Imlek, atau biasa dikenal sebagai CNY (Chinese New Year), merupakan perayaan yang besar. CNY merupakan sebuah hari libur nasional yang diselenggarakan selama dua hari. Artinya, kamu akan mendapatkan dua tanggal merah! Namun, ibarat masa Lebaran di Indonesia, selama libur CNY banyak restoran, supermarket, dan toko yang tutup. Mencari taksi pun susah. Jika kamu berada di Singapura saat libur CNY, jangan lupa untuk stok makanan!

Pada dasarnya, tradisi CNY di Singapura mirip dengan tradisi tahun baru Imlek di Indonesia. Warga negara Singapura yang keturunan Tionghoa akan mengadakan acara kumpul keluarga, dan yang masih muda dan belum menikah akan menerima amplop merah yang berisi uang. Amplop ini biasa dikenal sebagai “ang pao” (dari Bahasa Hokkien) atau “hong bao” (dari Bahasa Mandarin).

Tapi ada juga beberapa tradisi yang tidak biasa dilakukan di Indonesia, antara lain:

1. Melempar yúshēng

3-hal-unik-tentang-perayaan-tahun-baru-imlek-di-singapura-yang-mungkin-kamu-tidak-ketahui-yusheng1

Dikenal juga sebagai “lo hei”, yúshēng adalah sejenis salad yang biasa dimakan saat CNY. Yang paling spesial dari yúshēng bukanlah rasa makanannya sendiri, tapi cara mencampur aduk bahan dasar yúshēng dengan sausnya.

Yúshēng biasa diletakan di tengah meja makan. Sebelum menyantap yúshēng, semua orang yang ada di meja makan wajib berdiri dan menggunakan sumpitnya untuk mencampur yúshēng dengan cara “melempar”. Konon, semakin tinggi kamu melempar yúshēng, maka semakin tinggi keberuntungan yang akan kamu peroleh di tahun baru.

Seru? Iya. Berantakan? Pastinya.

imlek-di-singapura-yang-mungkin-kamu-tidak-ketahui-yusheng2

SERBU!

h4>2. Menonton kesenian tradisional Cina di Chinese Festival of Arts

imlek-di-singapura-yang-mungkin-kamu-tidak-ketahui-cnfestival

Pada hari kelima dari CNY, kamu bisa mengunjungi Esplanade untuk mengenal lebih jauh budaya Tionghoa melalui Chinese Festival of Arts. Mulai dari orkestra musik tradisional hingga penyanyi pop modern, semua ada. Asiknya lagi, banyak pertunjukan yang dapat kamu tonton secara gratis. Jadi jangan khawatir kantong bolong!

3. Menyaksikan gemerlap festival River Hongbao.

imlek-di-singapura-yang-mungkin-kamu-tidak-ketahui-rhb

River Hongbao adalah festival peringatan CNY yang telah diadakan setiap tahunnya di Singapura sejak tahun 1987. Tidak suka berpanas-panasan di luar? Jangan khawatir, karena festival ini diadakannya di malam hari, setelah jam 8 malam. Setiap jam 9 malam, kamu bisa menyaksikan pertunjukan kembang api dan laser, dan sepanjang malam, kamu bisa menikmati lentera-lentera indah dan megah yang berjejeran di sepanjang Esplanade Waterfront Promenade. Festival ini berlangsung selama 15 hari.

Foto oleh Khoo, Graham Hills, dan Karl Baron.