Mugging (baca: mag-ging): belajar dengan keras.

Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda, termasuk dalam hal belajar. Tidak sedikit mahasiswa yang memilih untuk belajar dan mengerjakan tugas di kamar mereka masing-masing. Mungkin mereka merasa lebih bisa berkonsentrasi jika belajar di kamar sendiri. Namun, tidak sedikit juga mahasiswa yang lebih suka belajar di luar kamar. Salah satu alasannya adalah godaan kasur untuk berhenti belajar dan tidur. Untungnya, NTU menyediakan banyak tempat belajar bagi kamu yang tidak suka atau tidak bisa belajar di kamar.

1. Perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat yang paling umum digunakan untuk belajar. Suasana yang hening dan nyaman membuat perpustakaan menjadi tempat pertama yang penuh menjelang masa ujian. Meski baru buka pukul 9, pintu masuknya pun sudah dipenuhi mahasiswa sejak sebelum jam 8.30 setiap masa ujian. Ada enam perpustakaan di NTU, masing-masing menyimpan buku untuk fakultas-fakultas yang berbeda. Perpustakaan terbesar adalah Lee Wee Nam Library, yang menyimpan buku-buku engineering dan science.

2. Benches

Benches juga merupakan salah satu tempat favorit mahasiswa NTU untuk belajar, mengerjakan tugas, atau diskusi kelompok. Sepanjang jalan di depan lecture theatres di NTU dipenuhi dengan benches yang ramai dipakai selama ujian maupun di hari biasa. Tidak seperti perpustakaan atau tempat belajar yang lain, kamu bisa makan dan minum dengan bebas di benches. Sayangnya, benches tidak selalu hening, karena banyak juga orang yang lewat.

3. Learning Pod

Learning pod merupakan ruangan belajar yang terbuka secara umum dan terletak di daerah sekolah. Jika kamu mencari tempat hening di sekitar sekolah, kamu bisa mengunjungi learning pod.

4. Minerva dan Athena

Dua ruangan ini terletak di samping perpustakaan terbesar di NTU, yaitu Lee Wee Nam Library. Awalnya, fungsi dari kedua ruangan ini adalah sebagai ekstensi dari tempat duduk untuk pengunjung Lee Wee Nam Library.

5. Study Room dan Reading Room

Kedua ruangan ini berada di masing-masing hall. Dua ruangan ini merupakan ruangan paling hening di hall NTU untuk belajar.

6. Computer Room

Kalau kamu butuh komputer untuk belajar, tapi malas membawa laptop, belajar di computer room aja. Computer room juga merupakan salah satu tempat paling hening di hall NTU.

7. TV Lounge

TV lounge pun bisa dijadiin tempat belajar lho. Namun, keheningan TV lounge tergantung pada kamu, pemakainya, dan orang lain di luar TV lounge.

8. Tutorial Room dan Seminar Room

Tutorial room (TR) dan seminar room (SR) merupakan ruangan yang biasa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Namun, kamu bisa memakainya untuk belajar sehabis kelas. Selama masa ujian, TR dan SR termasuk tempat terfavorit untuk belajar. Sayangnya, TR dan SR biasanya dikunci pada akhir pekan dan setiap di atas jam 10 malam, kecuali ada acara tertentu yang diadakan oleh NTU. Menariknya, dinding di beberapa TR dan SR di NTU sebenarnya merupakan papan tulis.

9. Starbucks dan fast food area

Selama masa ujian, Starbucks buka 24 jam dan menjadi salah satu tempat favorit untuk belajar. Selain kenyamanannya, kamu bisa membeli kopi kapan saja; satu gelas kopi aja udah cukup untuk mengizinkan kamu belajar semalaman di Starbucks. Gak cuma Starbucks, McDonald’s juga buka lebih lama: sampai pukul 12 malam. Kemudahan untuk membeli makanan inilah yang membuat banyak mahasiswa belajar di sana.

10. Student Activity Center (SAC)

Student Activity Center merupakan tempat nyaman yang serbaguna. Kamu bisa meminjam board games, PlayStation, maupun stik billiard dan bermain bersama teman-temanmu. Selain tempat rekreasi, SAC juga merupakan tempat yang nyaman untuk berkumpul bersama teman, meeting, dan juga belajar. Tempat yang dekat dengan fast food area dan Starbucks ini buka 24 jam.