Basics

Visa Pelajar (Student Pass)

Setiap warga negara Indonesia wajib memiliki visa pelajar (Student Pass) untuk tinggal dan sekolah di Singapura. Seorang pelajar baru bisa mendapatkan Student Pass apabila telah diterima oleh sarana pendidikan di Singapura. Untungnya, kebanyakan sarana pendidikan di Singapura dengan senang hati akan membantu pelajar asingnya dalam proses pendaftaran visa pelajar. Perlu diingat bahwa proses pembuatan visa pelajar membutuhkan waktu 2-4 minggu, jadi mulailah mendaftarkan diri untuk visa pelajar secepat mungkin.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara mendapatkan Student Pass, silahkan kunjungi situs Immigration & Checkpoints Authority (ICA) Singapura.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura

Warga negara Indonesia yang menetap di Singapura tentunya suatu saat perlu berhubungan dengan KBRI Singapura untuk mengurus dokumen penting seperti paspor dan lainnya. KBRI Singapura juga seringkali mengadakan acara silaturahmi komunitas Indonesia seperti upacara bendera pada tanggal 17 atau shalat Idul Fitri berjamaah. KBRI Singapura terdapat di 7 Chatsworth Road dan dapat dihubungi melalui +65 6737 7422.

Transportasi Umum

Singapura memiliki sistem transportasi umum yang aman, nyaman dan praktis. Masyarakat Singapura biasa menggunakan kereta bawah tanah (MRT), bus atau bus tengah malam (Nightrider bus). Terdapat juga pilihan transportasi lainnya seperti taksi atau layanan aplikasi seperti GRAB dan UBER. Informasi lebih lanjut mengenai mode transportasi di Singapura dapat ditemukan di Panduan Transportasi Umum Singapura.

SIM Card

Saat ini Singapura memiliki tiga perusahaan telekomunikasi utama: StarHub, SingTel dan M1. Pengguna layanan telekomunikasi dapat memilih dari dua jenis sim card: prabayar (prepaid) dan pascabayar (contract). Dengan kontrak pascabayar, pengguna layanan telekomunikasi dapat membeli smartphone baru dengan harga yang lebih murah. Bagi pengguna berat Internet, kini ada juga perusahaan telekomunikasi baru bernama Circles.Life yang menawarkan paket Internet yang kompetitif.

Bank

Singapura memiliki empat bank lokal utama: DBS, POSB, UOB dan OCBC. Empat bank ini memiliki ATM terbanyak di seluruh penjuru kota. Saat pindah ke Singapura, warga negara Indonesia dapat memilih untuk membuka rekening bank baru dan memasukan saldo dalam bentuk tunai, atau menghubungkan rekening bank di Indonesia dengan rekening bank baru di Singapura. Untuk informasi lebih lanjut tentang sistem perbankan Singapura, silahkan kunjungi situs bank yang diinginkan.

Kesehatan

Kebanyakan perguruan tinggi di Singapura mewajibkan pelajarnya untuk mengikuti program asuransi kesehatan lembaga pendidikan tersebut, seperti National University of Singapore (NUS). Melalui program asuransi kesehatan NUS, tiap pelajar dapat mengunjungi dokter universitas dan mendapatkan obat-obatan untuk penyakit ringan secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program asuransi kesehatan, silahkan kunjungi situs universitas masing-masing.